Universitas San Pedro Kupang jadi PTS Terbaik NTT 2023 versi UniRank

Universitas San Pedro Kupang menempati peringkat kedua perguruan tinggi terbaik di NTT versi UniRank. Peringkat pertama ditempati Undana dan peringkat ketiga Unwira Kupang.

Berdasarkan pengumuman UniRank tersebut, Undana berada di peringkat 112 nasional. Untuk NTT, Undana menempati peringkat pertama. Sementara peringkat kedua ditempati Universitas San Pedro Kupang. San Pedro sendiri menempati peringkat 223 nasional dan 8.413 dunia.

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, Universitas San Pedro menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) yang menempati peringkat pertama di NTT. Sementara Unwira menempati peringkat kedua.

Lembaga UniRank adalah lembaga pemeringkatan internasional yang diakui secara global dalam menilai kinerja universitas di seluruh dunia. Pemeringkatan ini mencakup berbagai aspek, termasuk reputasi akademik, kualitas pengajaran, jumlah publikasi karya ilmiah, kegiatan penelitian dan dampak internasional dari universitas yang dipublikasi ke dalam website.

Dalam pemeringkatan UniRank, beberapa aspek yang dinilai, yaitu pertama majestic reffering domain (bobot 55%), yakni banyaknya informasi perguruan tinggi yang dirujuk oleh website lain. Kemudian, kedua, similarweb global rank (35%), yakni seberapa banyak kunjungan ke situs-situs milik perguruan tinggi. Ketiga, moz domain authority (5%), yaitu kualitas otoritas domain perguruan tinggi. Keempat, majestic trust flow (5%), yakni mengukur sejauh mana kualitas link yang terdapat pada situs kampus-kampus berdasarkan manual review.

Ketua Yayasan Servas Mario, Pdt. Dr. Johnson Dethan kepada awak media, Kamis (10/8/2023) di Kupang, mengaku bersyukur adanya penilaian dari lembaga internasional. Ia mengatakan penilaian ini menjadi motivasi tersendiri bagi pihak San Pedro untuk bekerja lebih keras sehingga kualitasnya semakin baik ke depan.

“Karena dengan survei seperti ini, ternyata perguruan tinggi dinilai secara internasional. Ini dibaca di seluruh dunia sehingga kami pikir ini baik dan kami sampaikan bahwa ini adalah buah dari kerja keras bagaimana komitmen kita meningkatkan kualitas pendidikan di NTT,” jelas Pdt. Johnson.

Ia mengatakan, saat ini Universitas San Pedro tidak saja berkolaborasi dengan universitas di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Saat ini sedang digalang kerja sama dengan universitas dari India yang sudah terakreditasi AA Plus Plus. “Kami membangun koneksi dengan India dan kita sudah ada MoU dengan mereka, karena kita komitmen mau angkat pendidikan di NTT,” katanya.

Peringkat Perguruan Tinggi di NTT versi UniRank 2023:

1. Univ. Nusa Cendana
Peringkat Nasional: 112
Peringkat Dunia: 5.552

2. Univ. San Pedro
Peringkat Nasional: 223
Peringkat Dunia: 8.413

3. Univ. Katolik Widya Mandira
Peringkat Nasional: 253
Peringkat Dunia: 9.021

4. Universitas Timor
Peringkat Nasional: 307
Peringkat Dunia: 9.952

5. Universitas Flores
Peringkat Nasional: 370
Peringkat Dunia: 10.924

6. Univ. Muhammadiyah Kupang
Peringkat Nasional: 456
Peringkat Dunia: 12.364

7. Univ. Kristen Wira Wacana Sumba
Peringkat Nasional: 488
Peringkat Dunia: 12.848

8. Univ. Tribuana Kalabahi
Peringkat Nasional: 491
Peringkat Dunia: 12.858

9. Univ. Kristen Artha Wacana
Peringkat Nasional: 496
Peringkat Dunia: 12.895

10. Universitas Nusa Lontar
Peringkat Nasional: 555
Peringkat Dunia: 13.390

(rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Sumber: https://rakyatntt.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *